Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian atau transfer dan
pemahaman suatu pengertian (meaning). Jadi didalam berkomunikasi, kita
menyampaikan pesan yang ada pada kita kepada orang lain begitu juga sebaliknya.
Didalam suatu organisi komunikasi antar sesama individu sangat lah penting karena dengan adanya komunikasi antara atasaan dan bawahan dapat dengan mudah berkomunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Apabila komunikasi ini berjalan dengan baik dapat dengan mudah suatu tujuan sebuah organisasi dapat tercapai.Namun jika komunikasi ini terhambat maka tujuan dari organisasi tersebut dapat terhambat.
Ada beberapa penggolongan dari komunikasi ,yaitu : Komuunikasi Lisan dan Tertulis ,Komunikasi Verbal dan Non-Verbal ,Komunikasi ke atas dan ke samping ,Komunikasi Formal dan Informal ,dan Komunikasi Satu arah dan Dua arah.
Didalam berkomunikasi juga terdapat jaringan kerja komunikasi.Ada 4 macam jaringan kerja komunikasi yaitu : Jaringan Kerja Rantai, Jaringan Kerja Lingkaran, Jaringan Kerja Roda dan Jaringan Kerja Saluran Total .
Didalam sebuah organisasi komunikasi tidak selamanya akan berjalan dengan baik ,pasti akan ada suatu hambatan atau konflik yang menimpa organisasi tersebut ,dikarenakan komunikasi didalam organisasi sangatlah penting untuk menjalankan sebuah organisasi agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik.
Sesi Pertanyaan :
1. Dalam organisasi pasti terdapat yang aktif dan yang pasif ,bagaimana komunikasi yang baik antara kedua tersebut?
Jawab : Pada saat penerimaan anggota baru (open recruitment) pastilah ketua sudah menyeleksi yang mana yang harus masuk kedalam sebuah organisasi dan yang tidak .Untuk anggota yang bersifat aktif ia bisa merangkul anggota yang pasif untuk lebih bisa terbuka dan aktif didalam organisasi tersebut .
2. Jenis komunikasi yang efisien?
Jawab : Menurut saya adalah jenis komunikasi lisan dikarenakan antara anggota bisa face to face dalam menghadapi konflik dan penyelesaiannya atau saling bertukar informasi ,jika tidak dapat berhadapan langsung atau lisan karna perkembangan teknologi sudah semakin maju jadi bisa melalui media sosial contohnya : Skype dll.
3. Jaringan Komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan?
Jawab : Menurut saya adalah Jaringan Kerja Total dikarenakan kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita tuju tanpa ada perantara orang ke 3.
4.Cara memecahkan masalah komunikasi didalam organisasi?
Jawab : Cara memecahkannya adalah dengan sistem umpan balik.Akan tetapi kita harus benar benar memahami latar belakang masalah tersebut.
5. Upaya apa yang dilakukan organisi agar tetap eksis dan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal?
Jawab : Menjaga
komunikasi dengan baik antara sesama annggota maupun dengan atasan atau bawahan. Komunikasilah yang paling
penting untuk menjaga keeksistensian sebuah organisasi. Jadi jika komunikasi didalam organisasi berjalan dengan baik
otomatis organisasiakan dapat selalu eksis.
6. Contoh komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab : Contohnya dalam dunia pendididikan adalah dosen dengan mahasiswa dikelas dengan adanya komunikasi antara dosen dan mahasiswa maka kegiatan belajar akan berjalan dengan lancar.
7. Faktor utama yang menjadi hambatan suatu komunikasi dalam organisasi?
Jawab : ada 2 faktor utama yang menjadi hambatan komunikasi didalam suatu organisasi, yaitu : 1.Faktor Personal (pribadi)
2.Faktor Organisasi (konfllik didalam organisasi)
0 komentar:
Posting Komentar